• Gerbang depan SMKN 2 Kandangan

    Jl. Gambah Dalam Walangku No. 77. Kecamatan Kandangan Kaupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia
  • SPMI

    Sistem Penjaminan Mutu Internal
  • Kegiatan SMKN 2 Kandangan

    Upacara | Gerak Jalan 17 Agustus | Penyuluhan PMR

Bimbingan Konseling

Koordinator BKMuhammad Fahri Anwari, S.Pd.
Guru BKHudriah, M.Pd.
Guru BKMuhammad Zaini, S.Pd.
Guru BKErvina Roselia, S.Pd.
Guru BKRusdi, S.Pd.

Bidang Garapan

  1. Bidang Bimbingan Pribadi Bimbingan pribadi (personal guidance) adalah suatu bimbingan untuk membantu individu mengatasi masalah-masalah yang bersifat pribadi Dalam bidang bimbingan pribadi, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri serta sehat jasmani dan rohani.
  2. Bidang Bimbingan Sosial Bimbingan social adalah suatu bimbingan atau bantuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah social seperti pergaulan, penyelesaian masalah konflik, penyesuaian diri dan sebagainya. Bimbingan social juga bermakna suatu bimbingan atau bantuan dari pembimbing kepada individu agar dapat mewujudkan pribadi yang mampu bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara baik.
  3. Bidang Bimbingan Belajar Bimbingan belajar atau bimbingan akademik adalah suatu bantuan dari pembimbing kepada individu (siswa) dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi yang sesuai, dan dalam mengatasi kesukaran-kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar di institute pendidikan. Berdasarkan pengertian di atas, bimbingan belajar bisa bermakna suatu bantuan dari pembimbing kepada terbimbing (siswa) dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah belajar. Dalam bidang bimbingan belajar, pelayanan bimbingan dan konseling membantu peserta didik untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau untuk terjun ke lapangan pekerjaan tertentu.
  4. Bidang Bimbingan karier Bimbingan karier merupakan bantuan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia pekerjaan, pemilihan lapangan pekerjaan atau jabatan (profesi) tertentu serta membekali diri agar siap memangku jabatan tersebut dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan dari lapangan pekerjaaan yang telah dimasuki. Dari pengertian di atas, bimbingan karier bisa bermakna suatu bantuan dari pembimbing kepada terbimbing (siswa) dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah karier. Dalam bidang bimbingan karier ini, pelayanan bimbingan dan konseling ditujukan untuk mengenal potensi diri, mengembangkan dan memantapkan pilihan karier.

Sumber